Wellcome...

Wellcome... to world creativity... ^^

Minggu, 26 September 2010

Lomba Mading : DetEksi-Con 2k10

Sedikit info untuk kalian semua ^_____^ …

DetEksi Con 2k10

Tema : Make People Laugh Kompetisi SMA

Mading 2D, 3D, gerak; band, model, custom shoes, jurnalis, pop group, OZ DetEksi Challenge
Kompetisi SMP

Mading On-the-Spot, jurnalis, pop group
Pendaftaran kompetisi

1 September - 6 Oktober 2010 (Mabes DetEksi, Graha Pena Lt. 4)
Pengumpulan Mading

1 - 16 November 2010 (Graha Pena)
Pameran dan even

19 - 28 November 2010 (SSCC Supermal Pakuwon Indah)

Konvensi anak muda terbesar garapan DetEksi Jawa Pos, DetEksi-Con 2k10, segera diselenggarakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi majalah dinding (mading) SMA dan SMP masih menjadi suguhan utama. Plus kompetisi-kompetisi lain, seperti band, model, jurnalis sekolah, custom shoes, pop group, dan ajang cerdas cermat seru: OZ DetEksi Challenge.
Tema even tetap seperti yang diumumkan di penutupan DetEksi-Con tahun lalu. Yaitu Make People LaughWhere Do We Go From Here. Agak serius, mengajak orang berpikir tentang masa depan. Tema tahun ini menantang kreativitas peserta untuk membuat ceria suasana, mengajak semua orang tertawa.  (membuat orang tertawa). Tema tahun lalu adalah

Sedangkan pengumpulan mading dua dimensi (2D), tiga dimensi (3D), dan mading gerak dibuka pada 1 hingga 16 November mendatang. Semua karya akan dipamerkan, berbarengan dengan berbagai penyelenggaraan kompetisi lain, di SSCC Supermal Pakuwon Indah, 19-28 November.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, tahun ini panitia menerapkan sistem medali untuk penentuan Best School. Setiap kategori kompetisi untuk SMA menyediakan hadiah medali emas, perak, dan perunggu. Sekolah dengan perolehan medali emas, perak, dan perunggu terbanyak yang akan menjadi Best School.

Total jumlah medali yang diperebutkan sebanyak 110 medali, terdiri atas 28 medali emas, 36 medali perak, dan 46 medali perunggu. Untuk mading 2D/3D, akan dipilih Top Ten Gold, Top Ten Silver, serta Top Ten Bronze. Mading gerak dan custom shoes memperebutkan Best Five Gold, Best Five Silver, dan Best Five Bronze. Sedangkan untuk kompetisi model, band, pop group, dan OZ DetEksi Challenge, setiap juara pertama mendapatkan medali emas, juara kedua perak, dan juara ketiga perunggu.

Apa yang baru pada tahun ini? Ada satu lagi kompetisi untuk SMA. Yaitu pop group, yang dalam beberapa tahun terakhir hanya untuk tingkat SMP.

"Kami melihat potensi pelajar SMA di Jawa Timur dalam kompetisi pop group cukup tinggi. Selain itu, kami banyak menerima masukan dari para peserta SMA yang ingin diadakan pula kompetisi pop group untuk mereka. Sehingga, kami berusaha mengakomodasi keinginan tersebut," tutur Masany Audri, managerDetEksi Jawa Pos.

Masany menambahkan, tahun ini hadiah yang disiapkan lebih heboh lagi. Kerja sama antara DetEksi Jawa Pos dan Kedutaan Besar Australia semakin meningkat sehingga kian banyak pemenang yang bisa merasakan terbang ke Negeri Kanguru.

"Tahun lalu, ada 11 pelajar yang study tour di Australia. Tahun ini, 15 anak yang akan berangkat," ungkap Masany.

Yang berangkat nanti adalah 3 anggota tim pemenang OZ DetEksi Challenge, 4 jurnalis sekolah (2 SMA, 2 SMP), juara pertama model, 4 peserta peraih Top Ten Gold Mading 2D/3D, serta 3 peserta peraih Best Five Gold Mading Gerak. Yang baru adalah tiga peserta mading gerak tersebut.

"Nantinya, para anggota tim pemenang mading 2D/3D dan gerak akan mengikuti seleksi dan wawancara. Dari situlah dipilih siapa yang akan ke Australia," jelas Masany.

Meski pendaftaran baru dibuka Rabu besok, dan pengumpulan mading baru dibuka November mendatang, saat ini sudah banyak peserta yang sibuk mempersiapkan diri. Salah satunya tim mading SMA Petra 2 Surabaya, peraih Best School tahun lalu.

"Persiapan sudah kami lakukan jauh-jauh hari, mulai regenerasi anggota, brainstorming konsep, dan penentuan tim," kata Samuel Stephanus Widodo, ketua mading SMA Petra 2 Surabaya.

Persiapan tersebut dilakukan secara intens karena mereka bertekad ingin mempertahankan gelar Best School. "Kami juga berkoordinasi dengan guru serta teman-teman peserta kompetisi selain mading. Sebab, untuk menjadi Best School, tak hanya mading yang harus dipikirkan, tetapi juga semua kompetisi," lanjut Samuel.

Besok pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00-21.00. Syarat pendaftaran tiap-tiap kompetisi dalam DetEksi-Con 2k10 bisa dilihat di halaman DetEksi Jawa Pos.

Menurut kalian, apa yang ada di dalam pikiran kalian setelah tau tema-nya? Membuat orang tertawa? Hahaha! Belum ada rincian yang masuk ke otak saya, yang terbayang adalah orang-orang yang tertawa saat sedang melihat tiap-tiap mading. Hehe.. menurut saya, lebih baik jangan terlalu antusias ikut kalau hanya untuk bersaing! Antusiaslah dalam membuat karya yang bisa membuat orang tersenyum, itu lah hal yang penting!

Saya sebenarnya sudah ada sedikit ide gambaran, tapi apa boleh buat, tahun ini ga bisa ikut huaaaaa…pengen…huf T___T =________=a

Tips dari saya, dalam lomba kali ini terlebih dahulu berpikirlah apa yang membuatmu tertawa? Lalu berpikirlah apa itu berhubungan dengan apa yang bisa membuat orang tertawa? Ingat! Tertawa tak berarti konyol! Boleh saja membuat hal yang lucu tapi jangan berlebihan karna akan terkesan monoton dan kalau dilihat itu gampang bosan. Ciptakan dunia ceria yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain! Cayooo! Teman-teman ^__________^

Sumber : Jawa Pos (dan sedikit perubahan) ^^

Oleh : -double “D”-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar