Wellcome...

Wellcome... to world creativity... ^^

Minggu, 26 September 2010

Artikel : Daur Ulang Bahan bekas peralatan Komputer


            Karena dulu sekolah saya termasuk sekolah Adiwiyata, oleh karena itu barang yang sudah rusak harus bisa di daur ulang kembali. Apalagi akan ada diselenggarankan pameran Adiwiyata, para guru pun meminta siswa untuk menampilkan karya dari beberapa kelompok disetiap kelas di seluruh sekolah. Dalam acara ini saya bersama kelompok saya mengeluarkan 3 karya. 1 dibidang biologi yaitu percobaan fermentasi tempe, 1 dibidang TIK yaitu membuat barang yang berguna dari peralatan computer yang rusak. Dan 1 lagi dibidang kesenian yaitu sebuah tantangan membuat baju adiwiyata tanpa harus menggunakan kain sekaligus. Dalam hal ini kami pakai bahan dasar plastik waaa pokoknya rumit, tapi kali ini saya akan bahas mengenai tugas yang mendaur ulang sampah komputer J … dan saya ingin berbagi pengalaman.. walaupun hasilnya aneh amatiran tapi siapa tahu punya anda lebih bagus nanti.

            Banyak peralatan rusak di lab sekolah kami. Saat berpikir akan membuat apa, kami punya ide untuk membuat sebuah cendera mata yaitu sebuah kapal. Lalu kami mengambil bahan-bahan yang ada di lab, yang kami perlukan adalah…

Bahan :

  1. 2 buah Keyboard bekas..
  2. 2 buah Mouse bekas
  3. 2 buah kabel mouse bekas
  4. 4 keping kaset CD/DVD yang rusak.
  5. Kawat
  6. Lem (saya pakai lem yang untuk bengun rumah ^^a biar kuat)
  7. Cat (bila perlu)
  8. Sterofom (bila perlu)
  9. Tusuk gigi (bila perlu)
  10. Lilin mainan (bila perlu)
  11. Gliter or Tinta timbul (bila perlu)
  12. 2 lampu kecil, 1 baterai, 1 saklar  (bila perlu)

Alat :

1.      Gunting
2.      Tang
3.      Pisau

Waktu :  kelompok saya 5 orang dalam waktu 3 hari. Pagi sampai malam, hohoho   soalnya sambil liat tv XD

Biaya : ? hm.. sebenarnya tak perlu biaya bila kita tak menggunakan bahan dengan ket “bila perlu” seperti diatas hohoho… saya hanya ingin mempercantiknya saja..

Cara kerja :

1.      Buka keyboard dan keluarkan semua isinya, buka menjadi dua bagian. Yaitu bagian atas dan bawah. Ambil satu per satu tuts, karet tuts yang kecil-kecil itu, dan sebuah plastik yang ada di dalam keyboard (ga tau namanya hehe ^^a) dan pisahkan sendiri-sendiri.
2.      Ambil bagian belakang 2 keyboard dan satu kan dengan lem, maka jadilah sebuah dasar seperti tanah berbentuk kotak. Ambil tuts keyboard yang kotak kecil itu dan susun satu per satu dengan teliti di salah satu bagian keyboard yang jadi pondasi tadi. Membuat bagian bawah kapal, rangkailah dengan lem. Cara merangkainya adalah yang bagian bawah itu bagian tuts yang ada tulisannya itu lho. “A” “B” “C” dst.. dan ingat samakan ukurannya jangan sampai ada yang lebih besar atau lebih kecil.
3.      Untuk pagarnya, saya buat dari tusuk gigi. 3 tusuk gigi di ikat jadi satu dan disusun berdiri di bagian atas tuts melingkari atas kapal. Potong kabel mouse dan susun di atas tusuk gigi agar terkesan seperti pegangan kapal. Ambil kawat panjang dan plastik yang ada di dalam keyboard susun jadi sebuah bendera besar seperti di sebuah kapal pada umumnya. Tancapkan bagian bawah kawat ke sela-sela tuts.
4.      Ambil 4 keping kaset DVD yang rusak dan botong sampai menjadi lingakaran kecil dengan lubang ditengahnya. Setelah itu tempeli bagian kaset yang mengkilap dengan karet tuts kecil-kecil dengan lem. Lilit dengan kabel dan lilitkan di sela-sela tuts kapal. Maka akan terlihat seperti ban pelampung. Bagian yang biasanya dibuat untuk mencolokkan yang ada diujung kabel diambil dan dipasang di bagian bawah kapal agar terkesan seperti baling-baling.
5.      Potong sterofom dan susun di sela-sela bagian kapal, lalu dicat agar terkesan kapal masuk ke air. Potong juga beberapa jadi panjang, lalu dalamnya diberi kawat kecil dan tancapkan di dasar sterofom yang jadi alas kapal tadi. Ini akan terkesan seperti ombak. Pasang lampu kecil di dalam kapal. Yaitu di masing-masing ujung kapal. Dirangkai serapi mungkin bersama saklarnya. Lalu ambil lilin mainan dan bentuk jadi orang-orang kecil, meja, kursi dan letakkan diatas kapal. Wah terkesan seperti sedang ada orang diatas kapal. Juga orang-orang yang sedang memancing hihihihi… ^_^
6.      Nah tinggal alas keyboard yang satunya yang masih kosong yaa…. Ambil 2 buah mouse tadi dan beri lem lalu ditempel dipojok dan di tengah. Untuk pulau mouse ditempel seperti biasa dan untuk mouse satunya ditempel terbalik lalu dicat.

Yang ditengah sengaja dibuat sepeti pulau : ambil kabel lalu keluarkan isinya, diganti dengan kawat. Lalu bentuk kabel itu biar agak bergelombang, ambil plastik gunting kecil-kecil membentuk daun kelapa lalu di cat dan ditempelkan di atas kabel tadi. Ambil sterofom potong kecil utuh dan temple dipojok keyboard lalu tancapkan pohon tadi di atasnya. Jadilah pulau kecil J ambil sterofom lagi potong kecil dan taburkan dengan lem di sekitar pulau. Lalu atasnya diberi gliter berkilauan agar terkesan seperti pasir pantai. Jangan lupa ditambah orang-orang yang sedang mincing ehehe…

Untuk mouse yang ditengah dibuat untuk kapal bajak laut kecil : ambil kawat dan plastik keyboard rangkai seperti bendera kapal yang kecil lalu tancapkan ujung kawat ditengah mouse. Dibagian atas bendera diberi hiasan tengkorak dari sterofom dan kabel. Lalu dicat ^^. Buat orang-orangan bajak laut dari lilin mainan dan letakkan diatas mouse tadi. Hyaaa Bajak Laut Siap menjajah Kapal Gede!! >___< untuk lautan di bagian pondasi keyboard ditempeli karet tuts kecil secara rapi dengan lem dan jadilah lautan dangkal. Dan terakhir..  ambil bagian tuts spacebard yang panjang  dan tulis nama sekolah atau apapun diatasnya dengan tinta timbul dan letakkan dibawah kapal… Taraaaa!!! Jadi lah ! walau agak bertele-tele tapi rasanya puas sekali >,<..

Tambahan : Saat pameran saya juga melihat karya teman-teman saya, ada yang membuat rumah mewah dengan rangkaian tuts, ada lapangan sepak bola dan yang sederhana juga ada seperti buat boneka kucing atau tikus dengan mouse. Ada juga yang buat jam dinding dengan kaset bekas dan tuts keyboard sebagai arah penunjuk waktu, keren-keren gyaaaaa…. ^^a <<< alay *plak hehehehe…

Oleh : -double “D”-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar